Jumat, 02 Desember 2011

Sejarah Berdiriya DTA Baeturrahmat


DTA BAETURRAHMAT  berdiri pada Tahun 2000 pada masa pemerintahan Kepala Desa Patalagan Bapak H. Muhammad Amin.
DTA Baeturrahmat ada berawal dari keprihatinan Pemerhati Pendidikan karena Desa saat itu telah berhasil
 mendirikan Mesjid Baeturrahmat dengan biaya Swadaya Masyarakat 350 Juta Rupiah. Namun pada siang hari mesjid tersebut vakum dari berbagai kegiatan pendidikan.
Pada Tanggal 20 Agustus 2000 beberapa guru ngaji antar dusun berkumpul untuk membentuk Madrasah Dinniyah. Respon Pak Kuwu pun baik bahkan beliau melalui keputusanya menganggarkan Dana Tunjangan bagi Guru Madrasah Rp. 500.000 pertahun.
Guru ngaji tersebut adalah Bapak Abdul Tarsim, S.Pd,I . Ibu Oneh Nurjanah, Bu Tati Rohiati, Bu Titi Suwati, Bu Ecah Komsatun dan Remaja Icah Saticah. Dari pertemuan itu diputuskan akan didirikan Madrasah Dinniyah dengan Nama MD Baeturrahmat.
Pada Tahun 2003 MD Baeturrahmat Mendapat Izin Operasional Dari Depag Kabupaten Kuningan Nomor: Mi.23/PP/00.7/1008/2003 tertanggal 6 Agustus 2003. Dengan mendapat tambahan Nama dibelakangnya menjadi Madrasah Dinniyah Baeturrahmat.
Tahun 2008 2006 dibentuk Panitia Pembangunan Gedung MDA Baeturrahmat Dengan Ketua Bapak Aruman dan Pada Tahun 2009 Gedung MDA Baeturrahmat Berhasil dibangun dari Swadaya Murni Masyarakat Dengan menghabiskan dana kurang lebih 100 Juta Rupiah meskipun belum tercukupi seluruhnya.
Seiring dengan Lahirnya Peraturan Daerah Kabupaten Kuningan No, 2 Tahun 2008 Tentang Wajib Dinniyah, MDA Baeturrahmat patalagan berganti nama menjadi Dinniyah Takmiliyah Awaliyah Baeturrahmat.

Salah satu Prestasi lagi adalag DTA baeturrahmat telah berhasil mewisuda Siswa sebanyak 176 Siswa dari sejak awal berdiri.
SUSUNAN PENGAJAR DTA BAETURRAHMAT PATALAGAN
Pembna                               : DODI AZ TAMANYIRA, SE
Ketua Majlis Dinniyah    : ARUMAN
Kepala DTA                         : Ust. Husin Abdul Tarsim, S.Pd (Mengajar Safinah dan Kalighrafi)
Guru:
1.       Ust. Liling Lumri, ( Pengajar SKI)
2.       Usth Oeh Nurjanah, ( Mengajar Akidah Akhlak )
3.       Usth Sukini (Mengajar Alqur’an Hadits)
4.       Usth. Icah Saticah ( Mengajar Fiqh)
5.       Usth. Titi Suwati (Mengajar Bahasa Arab)
6.       Usth Ecah Komsatun ( Mengajar Praktek Ibadah)

Penyusun: Abdul tarsim, S.Pd.I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar